Larejawi™

Windows kamu lambat (lelet)?

Posted on: March 30, 2009

Setiap pengguna komputer pasti mengerti kalau semakin banyak mereka meng-install software ke dalam komputer mereka, maka semakin lambat kerjanya. Sebagian besar juga mengerti kalau lambatnya komputer bukan hanya disebabkan oleh software yang di-install tapi lebih dipengaruhi kepada apa yang anda install.

Tujuan utama dari artikel ini adalah untuk menemukan tipe aplikasi seperti apa yang paling memperlambat komputer. Kita akan mulai mengukur kecepatan pada waktu mematikan komputer, restart dan kembali ke desktop dengan auto-login, dan memulai aplikasi pada start-up setting komputer.

PROSES

Untuk memastikan kalau tes ini adil, kami meng-install XPSP2 Professional (release1) ke dalam virtual machine VirtualPC 4 (sp1) Microsoft dam mengkloning tampilan hard disk untuk setiap uji coba yang akan kami lakukan. Setiap VM akan berjalan sendiri-sendiri tanpa ada aplikasi lain yang berjalan pada sistem operasi dasar kecuali notepad supaya kami dapat mencatat hasilnya.

Untuk mengukur kinerja, kami akan menggunakan Microsoft BootVis, sebuah aplikasi untuk mengukur waktu waktu loading dari setiap elemen sistem sehingga pengguna dapat membuang benda yang mengganggu atau mendisfungsikan benda yang bekerja terlalu lama. BootVis akan memberitahu berapa lama sistem memerlukan waktu untuk boot dari awal sampai akhir dan kami akan mereduksi waktu yang dibutuhkan fresh install untuk boot. Dan kami akan mendapatkan hasil persentase penundaan pada setiap aplikasi yang ditambahkan kepada sistem.

Uji coba ini dilakukan masing-masing tiga kali dan lalu diambil rata-ratanya untuk menghilangkan ketidakkonsistenan.

HASILNYA ADALAH

Dengan melihat seberapa banyak daftar install dan dibandingkan dengan tanpa install, kami mendapat perhitungan yang jelas tentang seberapa besar sebuah aplikasi memberikan pengaruh. Dengan ini anda bisa menilai apa yang harus dihindarkan untuk di-install untuk tetap menjaga kinerja komputer anda. Berikut adalah daftar kategori software yang diperkirakan mengganggu kecepatan komputer:

1. System Security

Program firewall, anti-virus, dan anti-spyware adalah aplikasi-aplikasi yang kelihatannya paling memperlambat sistem. Perkiraan ini timbul dari fakta kalau aplikasi ini selalu bekerja dan mulai secepat mereka menemukan apa yang mereka butuhkan. Untuk aplikasi ini, uji coba dilakukan pada 4 macam software, yaitu:

2. Software Office

Aplikasi office cenderung menjadi monster besar yang menghabiskan kapasitas komputer. Untuk memudahkan hidup anda, office juga meng-install banyak hal seputar sistem sehingga mereka mudah ditemukan. 2 aplikasi yang diuji coba:

3. Software Chatting

Beberapa software yang diuji coba adalah:

Kategori lainnya adalah :

  • Codec dan Font (Apple QuickTime 7.1, DivX 6.3, K-Lite Codec Pack 2.76 Full, 100 fonts, dan 1000 fonts)
  • software download P2P (Kazaa 3, Azureus 2.5.0.0, uTorrent 1.4, dan BitComet 0.7)
  • Compression Utilities (WinRAR, WinZIP, WinAce, dan 7-Zip), dan
  • Aplikasi lainnya (Microsoft Visual Studio 2005 Professional Edition, Adobe Photoshop CS2, Macromedia Studio MX 2004, VMWare Workstation 5.5.1-19, Java Runtime 1.5.0.06, .NET Framework Runtime 2.0, dan DirectX 9.0c).

Aplikasi yang Buruk

Hasil dari security software cukup mengejutkan. Ternyata berhubungan dengan program antivirus dan firewall membuat komputer menjadi lambat, terutama dengan hasil uji coba Norton yang sangat mengejutkan.

Hasil uji coba juga menunjukkan kalau font juga sangat berpengaruh pada kecepatan komputer.

Aplikasi yang Baik

Setelah uji coba, ternyata codec memberikan pengaruh yang kecil terhadap kecepatan komputer. Bahkan paket penuh K-Lite Codec hanya menambahkan beberapa detik pada waktu boot. Selain itu, Quicktime, compression utilities, dan satu-satunya anti-virus yang kecil pengaruhnya adalah BitDefender.

AKHIR KATA

Berhati-hatilah pada apa yang akan anda install. Jika anda membutuhkan font, anda cukup membuka Windows font browser dan ia hanya muncul sebagai aplikasi hanya sampai anda menutup aplikasi tersebut. Hindarkan menginstall banyak font.

Satu hal yang belum selesai diuji coba adalah apa yang terjadi jika anda melakukan uninstall software-software di atas. Karena sebuah aplikasi biasanya masih menyisakan beberapa file walaupun sudah di-uninstall. Jadi untuk membersihkan aplikasi tersebut anda harus meng-install ulang windows anda.

Hal terakhir adalah driver. Uji coba ini tidak meliputi driver karena jika dilakukan maka uji coba ini akan lebih mengarah kepada uji coba hardware dan bukan software.

Untuk tabel lengkap hasil uji coba klik di sini.

Sumber dari sini

Advertisements

2 Responses to "Windows kamu lambat (lelet)?"

software yang mana?

kk kasi tau lah sofware ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matur Nuwun

hey

Panjenengan Dayoh:

  • 9,598 ,Maturnuwun nggih

Categories

Yang Hots

Brighter Planet's 350 Challenge Search For Blogs, Submit Blogs, The Ultimate Blog Directory my profile Yuk.Ngeblog.web.id

Top Clicks

  • None

Flickr Photos

%d bloggers like this: