Larejawi™

Sekolah Gratis itu mungkin

Posted on: April 7, 2009

Sudah beberapa kali waktu ngeliat iklan di tv, ada yang lumayan menyita perhatian. Iklan itu adalah “sekolah gratis”. Sempet gak percaya,apa bener sekarang sekolah gratis? mengingat dulu ada yang namanya BOS (Bantuan Operasional Sekolah).

Sekedar mengingatkan pada Maret dan Oktober 2005, Pemerintah Indonesia mengurangi subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan merealokasi sebagian besar anggarannya ke Empat program besar, yaitu Program Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur Perdesaan, dan Subsidi Langsung Tunai (SLT).

Salah satu program di bidang pendidikan adalah Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang menyediakan bantuan bagi sekolah dengan tujuan membebaskan siswa dari iuran sekolah dalam rangka mendukung pencapaian Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar (Wajardikdas) Sembilan Tahun. Melalui program ini, pemerintah pusat memberikan dana kepada sekolah-sekolah setingkat SD dan SMP. Program ini mulai dilaksanakan pada Juli 2005 bersamaan dengan awal Tahun Ajaran 2005/2006.

Pada saat awal pelaksanaan Program BOS, sebagian masyarakat saat itu beranggapan bahwa BOS adalah program sekolah gratis. Hal ini mungkin disebabkan oleh kesalahan sosialisasi atau pernyataan
keliru dari pemerintah. Meskipun BOS tidak identik dengan sekolah gratis, ada satu kebijakan yang harus dilaksanakan oleh sekolah penerima BOS, yaitu melalui dana BOS siswa miskin harus digratiskan dari segala
iuran, sedangkan siswa lainnya memperoleh manfaat melalui pengurangan iuran yang dipungut oleh sekolah. Oleh karena itu, pada saat ini BOS lebih tepat dikatakan bantuan “gratis terbatas”; menggratiskan siswa miskin, meringankan siswa yang tidak miskin.

Penggunaan Dana BOS

Penetapan terhadap penggunaan dana BOS, merupakan masalah yang juga cukup dilematis. BOS adalah bantuan dana sekolah untuk biaya operasional sekolah non-personel (misalnya uang pendaftaran, ATK, langganan daya dan jasa, membayar guru/pegawai honorarium, kegiatan kesiswaan, dan sebagainya). Dana BOS bukan untuk kesejahteraan guru dan juga bukan untuk biaya investasi. Kesejahteraan guru dan biaya investasi sekolah diharapkan dibiayai dari program lain, dengan prioritas utama didanai oleh pemerintah daerah (pemda). Namun kenyataan di lapangan, hanya sebagian kecil pemda yang membiayai kedua komponen tersebut, bahkan ada yang justru mengurangi APBD bidang pendidikan sejak ada Program BOS ini.

Dan di tahun 2009 ini Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sudah dinaikkan 50 persen, tetapi kebijakan sekolah gratis tergantung komitmen kabupaten/kota. Kalau pun ada sekolah/pendidikan dasar gratis, yang digratiskan itu biaya operasional, sedangkan biaya di luar itu tetap jadi beban orangtua. Sejauh ini, Departemen Pendidikan Nasional RI tidak punya data daerah-daerah yang sudah melaksanakan sekolah gratis.

Program sekolah gratis yang dicanangkan pemerintah ini sering disalahinterpretasikan oleh masyarakat. Dikira, pemerintah tidak sekedar menggratiskan biaya sekolah, namun menanggung beban hidup anak usia wajib belajar seperti uang transport, alat tulis, dan sebagainya.

Walaupun demikian, semoga di tahun depan ‘sekolah gratis’ ini benar – benar bisa terwujud. Amin.

Advertisements

4 Responses to "Sekolah Gratis itu mungkin"

Tidak akan pernah ada pendidikan yang benar-benar gratis.
Bukan pesimis, tetapi mencoba lebih realistis.

Tenang Kang !!! Engko Gawe Sekolah Dewe Ae Sing Gratis ???

Jadi Hanya Orang Miskin Yang Boleh Sekolah Yang Kaya Biar Nganggur !!

OKE COY ………

🙂 saya juga sangat berharap untuk itu.
salam kenal buat Baitul Alim

Saya berharap pendidikan di indonesia dapat maju…untuk memberikan pendidikan yang berkualitas pada generasi bangsa ini, tanpa terkecuali.

salam kenal ya, berkunjung balik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matur Nuwun

hey

Panjenengan Dayoh:

  • 9,574 ,Maturnuwun nggih

Categories

Yang Hots

Brighter Planet's 350 Challenge Search For Blogs, Submit Blogs, The Ultimate Blog Directory my profile Yuk.Ngeblog.web.id

Top Clicks

  • None

Flickr Photos

%d bloggers like this: