Larejawi™

Bisa instal 2 “Jendela[s]” XP dalam satu PC ternyata

Posted on: April 20, 2009

Baru aja jalan-jalan sama mbah Google ketemu artikel plus info menarik. Bagi sebagian orang yang baru tahu komputer seperti halnya aku, satu PC ( komputer ) hanya bisa menginstall satu Windows XP. Tapi ternyata kita bisa menginstall 2 Windows XP yang sama dalam satu PC. Misal hardisk kita partisi jadi 2, maka XP yang satu pasti kita instal di C: dan yang satunya ternyata bisa di D: dalam satu hardisk kita.

Setahu aku dulu, kita hanya bisa instal lebih dari satu windows dalam satu PC bila kita punya aplikasi/software virtual machine. Ini beberapa contoh software-software virtualisasi yang biasa dipakai:

Dari kelima software diatas yang baru aku coba hanya Virtual PC sama VirtualBox. Untuk yang lain belum sempet nyoba karena belum punya software nya.

Balik masalah instal 2 windows dalam satu PC tanpa software virtual machine tadi. Sebelum menginstall, siapkan partisi yang kosong terlebih dahulu. Jika windows yang satu sudah di install ada di drive C:, maka kita bisa menggunakan drive lainnya, misalnya drive D: E: atau drive yang lainnya. Pastikan data-data sudah di backup terlebih dulu. Proses Installasi seperti install windows biasa. Bedanya adalah waktu proses instalasi akan ditampilkan pilihan Drive yang ada di hardisk. Pilih drive yang akan di install Windows XP kedua ini. Lalu tekan Enter. Dengan begitu, windows kedua akan di instal di tempat yang kita pilih tadi. Misalkan tadi kita pilih D: secara otomatis windows yang kedua berada di drive D: seperti yang kita pilih.

Setelah selesai proses instal, maka ketika booting akan ditampilkan dua pilihan Windows, seperti berikut:

Agar lebih mudah dan tidak membingungkan, maka kita bisa mengganti nama pilihan tersebut dengan mengedit file boot.ini yang (biasanya) ada di drive C: dengan notepad atau text editor lainnya. Cukup mudah ternyata proses nya.

Info lengkap proses bisa dilihat disini.

Advertisements

2 Responses to "Bisa instal 2 “Jendela[s]” XP dalam satu PC ternyata"

Wah, makasih om atas koreksinya.
Maksutnya pengen beda aja, eh…ternyata artine lain ya.
waduh….waduh…. 😦
Mohon dimaklumi om ya kalau ada salah2 kata di blog newbie ini.
😀
Monggo di lanjut………

“Jendela” XP dengan Windows XP beda loh. Jendela (dalam tanda kutip) lebih tepat diterjemahkan dengan kata window (tanpa huruf “s” yang berarti setiap aplikasi yang terbuka di desktop). Lain halnya Windows XP, itu OS varian milik Microsoft.

Yang dibahas di posting ini lebih cenderung ke Windows yang diinstal dengan dual-boot. Walaupun dalam perkembangannya, OS-pun bisa ditampilkan dalam beberapa window (virtual).

Posting ini bagus.
🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matur Nuwun

hey

Panjenengan Dayoh:

  • 9,574 ,Maturnuwun nggih

Categories

Yang Hots

Brighter Planet's 350 Challenge Search For Blogs, Submit Blogs, The Ultimate Blog Directory my profile Yuk.Ngeblog.web.id

Top Clicks

  • None

Flickr Photos

%d bloggers like this: