Larejawi™

Musik Indonesia mundur

Posted on: June 12, 2009

Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:

  • Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar
  • Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
  • Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik

Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali. Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Bicara tentang musik, musik Indonesia sekarang di banjiri Band-band pendatang baru yang mungkin tidak terhitung lagi jumlahnya. Semua langsung punya fans-fans yang tidak kalah fanatik seperti band-band terdahulu. Akan tetapi kalau dilihat-lihat lagi, genre musik mereka ternyata nggak jauh-jauh dari pop dan melow. Semua band hampir sama dan mirip malah. Menurut kamu,anda dan kalian semua, apakah ini tidak monoton.?

Tiap hari kita disajikan jenis musik yang sama dan itu-itu saja. Memang kalau dilihat dari sisi ekonominya, lagu-lagu yang mereka tawarkan saat ini memang termasuk yang lagi trend dikalangan anak muda. Jadi band-band ini membuat lagu yang nggak jauh-jauh dari yang melow dan lari ke selera ‘tetangga’. Bener nggak? Mengutip dari sini

“INDUSTRI musik Indonesia makin monoton. Major label keblinger dengan musik Melayu. Grup band Netral pun mulai gerah. Bagus dkk. menilai perkembangan musik di Indonesia seharusnya tidak begitu.
Karena di kawasan Asia saja, taste musik kita merupakan yang tertinggi, kenapa harus lari ke selera ‘tetangga‘, kenapa bukan mereka yang mengikuti kita?” ujar Choky gitaris Netral. “Mungkin mereka punya P. Ramlee, tapi kita punya Benyamin Sueb yang jelas lebih maju pada zaman segitu sudah nge-rap.”

Faktor ekonomi mungkin yang menjadi pertimbangan band-band baru sekarang. Dengan mengikuti trend yang lagi hits, mereka beranggapan musik mereka akan langsung diterima. Tapi apakah mereka nge-band dengan sepenuh hati atau cuma mengikuti trend semata. Aku pribadipun bukan tidak suka musik melow dan pop sekarang. Aku juga pengen sesuatu yang lain yang bisa bikin aku semangat untuk menjalani aktifitas. Kalau semua sama,sungguh membosankan hidupku. Tiap hari kerja begitu-begitu saja ditambah musik yang itu-itu saja. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi. Memang semua orang punya selera masing-masing tentang musik. Bagaimana dengan selera musikmu sekarang?

Advertisements

13 Responses to "Musik Indonesia mundur"

…atau mungkin anda ingin mendengarkan musik dari radio online? please come visit us, Java FM memutar lagu hits indonesia sepanjang masa nonstop 24 jam

wah itu mesti ditanyakan langsung sama musisinya… ;D

ho’o ya…… terus kalo genre kayak gothic, death metal, black metal, gitu-gitu ngetrendnya lagi kapan ya????

iyah nih musik indonesia gitu-gitu aja aku jadi gemes. ngapain banyak band kalau genrenya melayu nan mendayu-dayu, bosen!!!

ROCK YOUR LIFE

Saya cuma bisa bilang……
Selamat menikmati 😉

bener banget nih..
gara-gara bosen dengerin musik Indonesia, saya jadi gak ngikutin perkembangan lagi. walaupun banyak acara-acara lagu di TV. tapi saya kurang tertarik.
jadi.. sekarang saya sedang beralih ke musik instrumental. karena komposisi nadanya lebih banyak dan tidak terikat lirik. jadi enak didengar
😀

yesss,,,
SLANK MAH TAK TERGOYAHKAN,,,hehehe

setuju sama mas Raditya Angga
emang kalau dibandingin tetangga, kita masih lebih bisa diterima di lingkup asia dan manca.
balik lagi, yang disayangkan adalah band2 sekarang kurang berani memainkan musik yang bisa jadi identitas mereka
mereka sekarang baru terbuai dengan musik metal [melayu total] yang lagi in.
semoga mereka tidak terbuai terlalu lama. 😉

yah,,beginilah klo musik dipegang oleh mayor label.dimana mayor label lebih mementingkan pasar dan penjualan yang membludak,tanpa memperdulikan identitas band,dan hal itu yang membuat musik terlihat monotone,kare mayor mengikuti perkembangan musik yang lagi “in”,

makanya gebrakan baru dari INDIE yang gag ada arahan untuk menuju ke musik yang sedang in,jadi terlihat identitas band yang jelas dan pasti,contohnya PAS BAND meski terkenal namun label indie masih dipegang demi menjaga konsep band mereka,,

dan satu lagi SLANK,,(mantep banget ni band)..
dimana mempunyai rumah rekaman sendiri,,sehingga indentitas SLANK tetap terjaga,,berbagai macam aliran musik didalamnya,dan tema-nya pun gag monotone,

musik Indonesia lagi dikuasai musik melayu,namun yang bisa dinilai hebat,,musik melayu Indonesia lebih populer dari negara tetangga,jadi bisa dibilang kita lebih bisa diterima dalam permusikan..

😀

salam

http://goupgoup.wordpress.com/

Musik sekarang lebih METAL.!!!
[metal=melayu total] 😀

hem.. saya juga sependapat sih.
mengkin karena banyak band-band jaman sekarang yang ‘musik nya monoton. misalnya aliran musik melayu. ya melayuuu semua.
*bosen*

Memang banyak band-band dari Indonesia yang malah terkenal di negeri orang dibanding negeri sendiri.
Alasannya sebenarnya simple.
Mereka berani keluar jalur dan mereka memainkan musik mereka sendiri tanpa harus ikut-ikutan trend yang lagi hits. Mereka main musik dengan sepenuh hati. Jadi musik yang dihasilkan lebih berisi dan lebih berbobot dari pada yang sekedar ikut-ikutan.
Ini menuruk saya… 🙂

pertamaxxxxxxxxxx..
hhe.

hem, saya ingin mengomentari ini *berhubung saya cinta akan musik*
indonesia bukan nya tidak memiliki musik yang tidak berpotensi ataupun musik indonesia yang mundur, akan tetapi, indonesia tidak mempunyai banyak penikmat musik yang kritis.
seperti yang kita lihat, banyak band-band indie lable yang musik nya sangat di appreciate kan oleh negara-negara luar. kita ambil sampel nya: “the S.I.G.I.T”. band tersebut nggak dapet perhatian di indonesia, karena para penikmat musik di indonesia nggak kritis. tapi band tersebut membuktikan bahwa mereka layak dan patut di perdengarkan, hingga akhirnya mereka famous di negeri orang.

andai indonesia memiliki orang-orang yang peduli dan kritis akan musik, akan sangat terlihat bahwa indonesia memiliki band-band yang begitu berkualitas.

-best regards.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Matur Nuwun

hey

Panjenengan Dayoh:

  • 9,598 ,Maturnuwun nggih

Categories

Yang Hots

Brighter Planet's 350 Challenge Search For Blogs, Submit Blogs, The Ultimate Blog Directory my profile Yuk.Ngeblog.web.id

Top Clicks

  • None

Flickr Photos

%d bloggers like this: